Monitoring dan Evaluasi Perumahan dan Kawasan Pemukiman dengan tema Jambanisasi dengan CSR

Pada tanggal 14 November 2019, Bakorwil III Malang melaksanakan Rapat kegiatan Monitoring dan Evaluasi Perumahan dan Kawasan Pemukiman dengan tema Jambanisasi dengan CSR. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Bakorwil Malang yakni Bapak Drs. Benny Sampirwanto, M.Si.

Hadir sebagai narasumber, Bappeda Provinsi Jawa Timur dengan materi "Pencapaian akses sanitasi melalui program Jambanisasi sesuai Nawa Bhakti Satya Gubernur Jatim". Narasumber kedua dari Dinas Perumahan Rakyat, kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur dengan materi "Pelaksanaan kegiatan renovasi RTLH dan pembangunan jamban keluarga di Jatim". Narasumber ketiga dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dengan materi "Teknik perencanaan jamban keluarga di Jatim". dan Narasumber yg keempat dari Corporate Social Responsibility (CSR), dengan materi "Implementasi program CSR/PKBL dalam rangka sinergitas dengan prioritas pembangunan Jawa Timur".

Tujuan adanya Rapat kegiatan ini adalah mengkoordinasikan serta mensinergikan pelaksanaan program jambanisasi secara mekanisme disepakati oleh pihak pelaksana/teknis dengan stakeholder yang terkait di Wilker Bakorwil III Prov Jatim di Malang, mensosialisasikan serta menginvetarisasi pengadaan dan penataan jamban secara optimal.

Ada beberapa permasalahan dan solusi dilapangan yang terungkap dalam rakor ini, yakni jambanisasi merupakan kebutuhan dasar, stakeholder yang menangani ada 5, antara lain pihak pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kab/Kota, Swasta dan Masyarakat. Pemerintah Kab/Kota menginventarisir/mengidentifikasi kebutuhan akan jamban di masing-masing wilayahnya yang sesuai dengan kategori untuk mendapatkan bantuan kepada Masyarakat berpenghasilan Rendah (MBR), pemerintah agar lebih selektif dalam menentukan sasaran program jambanisasi, koordinator CSR wilayah Bakorwil malang sudah mengadakan program jambanisasi di Kecamatan Ngajum Kab. Malang Tahun 2019 dan rencananya peresmian oleh Bu Gubernur Jatim, Pemerintah Kab/Kota dapat menyampaikan usulan kepada forum CSR Provinsi Jatim melalui Bappeda Prov Jatim (Kepala Sub Bidang Pendanaan).

Bagikan halaman ini : Facebook Twitter