Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Persandian se Wilker Bakorwil Malang

Bakorwil Malang telah melaksanakan Rapat Kegiatan Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Persandian tahun 2019 se wilayah kerja. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 April 2019.

Tujuan utama yang akan dicapai dengan adanya kegiatan ini adalah terbentuknya Goverment - Computer Security Insident Respon Team (Gov-CSIRT) di setiap Pemerintah Kabupaten/Kota, menindaklanjuti Keputusan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 570 Tahun 2018 pada tanggal 20 Desember 2018, sebagai upaya Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melindungi, mengamankan, menanggulangi serta memulihkan informasi penyelenggaraan e-government secara terintegrasi.

Perlindungan, pengamanan, penanggulangan serta pemulihan  informasi penyelenggaraan e-goverment difokuskan kepada Dinas/badan yang  menjadi sasaran utama serangan siber yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Sekretariat Daerah.

Mengingat ada beberapa Evaluasi yakni Serangan siber terhadap penyelenggaraan e-goverment terjadi hampir di semua Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah kerja Bakorwil Malang, dengan tingkatan serangan yang beragam, yang dampaknya sangat merugikan yaitu layanan pemerintah untuk publik, kerugian materiil yang sangat besar dan kredibilitas pemerintah bisa menurun. Sosialisasi tentang Government - Computer Security Insident Respon Team (Gov-CSIRT), belum dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur dan akan segera ditindaklanjuti setelah sosialisasi pendahuluan tingkat Bakorwil Jawa Timur. Pemerintah Kabupaten/Kota se wilayah kerja Bakorwil Malang belum membentuk Government - Computer Security Insident Respon Team (Gov-CSIRT).

Dari beberapa evaluasi tersebut perlu adanya fasilitasi, pendampingan dan pembinaan Pemerintah Provinsi dalam pembentukan Goverment - Computer Security Insident Respon Team (Gov-CSIRT) Pemerintah Kabupaten/Kota, dan secara teknis dilaksanakan dimasing-masing Bakorwil Jawa Timur  dalam rangka efisiensi, efektifitas serta monitoring untuk keberlanjutannya.

Bagikan halaman ini : Facebook Twitter