Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Pengembangan SDM UMKM Tahun 2019

Pada tanggal  28 Maret 2019 Bakorwil Malang melaksanakan Rapat  Sinkronisasi Monitoring dan Evaluasi Pengembangan SDM UMKM  se wilker Bakorwil Malang  Tahun 2019. Kegiatan diawali  dengan koordinasi  dengan  OPD teknis terkait, di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur dan Dinas Koperasi dan UMKM  kabupaten/ kota diwilker  BAKORWIL III Malang guna mendapatkan masukan/informasi mengenai permasalahan-permasalahan  yang ada,  kondisi saat ini  dan harapan /proyeksi  kedepan sehingga rakor dapat lebih  fokus  dengan permasalahan  dan  upaya  pemecahannya.

Tujuan dari adanya Rapat Kegiatan ini adalah untuk Meningkatkan peran kabupaten/kota melalui OPD  teknis dalam pemberian  pelayanan yang baik kepada SDM UMKM  diwilayahnya, melalui pelatihan-pelatihan  berjenjang dan berkelanjutan guna menyosong dan menghadapi pasar bebas  dan  revolusi industri 4.0.   

Rapat Kegiatan ini dihadiri dari kabupaten/kota se wilayah kerja Bakorwil Malang, yakni  perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja, Bagian  Perekonomian, Pelaku Usaha UMKM.

Beberapa Rekomendasi  Hasil  Rapat yakni pengembangan SDM  UMKM  bisa  terwujud  secara merata  melalui koordinasi dan  sinkronisasi,  baik  secara vertikal  maupun horisontal  di semua  steakholder  yaitu Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah sampai akademisi  dan pelaku  usaha. Pelatihan dan  bimbingan  yang diberikan  kepada SDM UMKM  harus lebih menyesuaikan  dengan  pangsa pasar yang  berkembang saat ini dan kemajuan  teknologi.

Suku Bunga  Kredit  Bank UMKM Jawa Timur  yang dipatok  sebesar 6 %  flat /tahun  sudah cukup  rendah  atau layak, akan tetapi  untuk  pelaku  usaha  mikro  diharapkan  bisa  lebih rendah  lagi  dan  seyogjanya tanpa   jaminan. Perkembangannya teknologi yang begitu pesat  dan memasuki  pangsa  pasar  bebas  menuntut pelaku usaha  UMKM  untuk   mampu    menyesuaikan   kondisi tersebut  sehingga tidak  kalah bersaing dengan UMKM dari provinsi lain, pasar-pasar modern, dan  mancanegara.

Untuk mempersiapkan SDM UMKM  menghadapi  revolusi industri 4.0 ini, Universitas Brawijaya Malang melalui program-program  kemasyarakatannya  bersedia untuk  bersinergi dengan OPD teknis di provinsi maupun di kabupaten/kota untuk memberikan  pelatihan dan bimbingan teknis  guna  membekali  SDM UMKM.

Bagikan halaman ini : Facebook Twitter