Rapat Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Diversifikasi Pangan

Pada tanggal 27 Pebruari 2019  telah dilaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Diversifikasi Pangan se wilker Bakorwil Malang. Tujuan dari Rapat Kegiatan ini adalah terbangunnya kesamaan pendapat dan komitmen tentang peningkatan Diversifikasi pangan, terwujudnya komitmen dan konsep peningkatan diversifikasi pangan diwilayah kerja Bakorwil Pemerintahan dan pembangunan Malang.

Sebagai Penyaji dalam kegiatan ini, Dr. Andryanto, SH, Mkes., dari Akademi Gizi Surabaya, dengan materi Peran Ketahanan Pangan Dalam Penanggulangan masalah Gizi. Ir. SS. Antarlina, MS., Dari BPTP Karangploso Jawa Timur Kementerian Pertanian, dengan materi  Pengolahan Komoditas KRPL mendukung Diversifikasi Pangan. DR. Sujarwo, SP,MP.,MS., dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, dengan materi Pembangunan Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Harapannya Rapat kegiatan tentang diversifikasi pangan di Bakorwil Malang agar terus dijalankan untuk mendukung ketahanan pangan Nasional dan ketercukupan gizi masyarakat, sedangkan untuk peningkatan Diversifikasi pangan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan ketersediaan pangan yang beragam dan yang berbasis sumber daya lokal.

Beberapa rekomendasi hasil rapat kegiatan adalah Peningkatan Pengembangan pertanian agar terus dikembangkan dengan teknologi pangan, sehingga dapat memunculkan brand (merek)  hasil pertanian  masing-masing Daerah. Meningkatkan ketahanan pangan salah satunya melalaui pemenuhan gizi keluarga terutama pada anak yang tumbuh kembang , dengan memberikan makanan yang bergizi dengan tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak agar tidak stunting (kerdil). Pemenuhan kebutuhan pangan keluarga melalui Diversifikasi Pangan  melalui pemanfaatan potensi lokal, akan  meningkatkan pendapatan keluarga. Dan aneka ragam makanan dibutuhkan karena tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua zat gizi lengkap. Dengan makanan yang beragam kekurangan gizi dari satu makanan bisa dipenuhi  oleh makanan yang lain.

Bagikan halaman ini : Facebook Twitter