Monitoring dan Evaluasi Kehutanan dengan Tema Penanganan Pasca Kebakaran Hutan di Lahan Tahura, Lere

 

Pada tanggal 29 Agustus 2019 Bakorwil Malang melaksanakan Rapat Monev Kehutanan terkait Kebakaran Hutan di Gunung Panderman dan Gunung Arjuno Kota Batu Tahun 2019. Kebakaran Hutan yang terjadi pada Bulan Juli 2019 di hutan Gunung Arjuno dengan luas 100 Ha dan kawasan yang terbakar di Gunung Panderman ± 70 Ha dari luas total Gunung Panderman seluas 164 Ha.

 

Penanganan kebakaran hutan telah dilakukan oleh seluruh komponen terkait, antara lain BPBD Provinsi Jatim, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, BPBD Kota Batu, Perhutani, Tahura, Polres Kota Batu, Kodim, dan LMDH. Kendala utama penanganan kebakaran adalah lokasi yang sulit dijangkau sehingga yang dilakukan hanya secara manual (dengan sabit dan cangkul guna mencegah perluasan titik api).

Perlu adanya koordinasi dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Jawa – Bali Nusa Tenggara, UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang memiliki tupoksi terutama terkait dengan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Semua komponen terkait kehutanan termasuk Kodim dan Polres siap untuk mendukung pencegahan dan penanganan kebakaran hutan.

Bagikan halaman ini : Facebook Twitter