Monitoring dan Evaluasi Sumber Air dengan Tema Fasilitasi Kerjasama Penyediaan Air Minum Tahun 2019

 

Pada tanggal 1 Agustus 2019 Bakorwil III Malang melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Sumber Air dengan Tema Fasilitasi Kerjasama Penyediaan Air Minum Tahun 2019 di Ruang Semeru Kantor Bakorwil Malang. Peserta rapat dari OPD Kabupaten Blitar dan Kota Blitar, Bappeda Kota Blitar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Bagian Perekonomian, Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum, perwakilan Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Timur, Bagian Kerjasama Biro Humas dan Protokol dan PDAB Jawa Timur.

 

Beberapa permasalahan tentang Sumber Air di Kota Blitar adalah dari tingkat layanan air bersih Tahun 2018 melalui jaringan perpipaan (PDAM) masih sekitar 25,85%, belum tersedianya air dalam atau sumber mata air, penyediaan air bersih bagi masyarakat Kota Blitar diharapkan dapat dipenuhi dari sumber mata air di Kabupaten Blitar.

 

Dalam hal ini, Bakorwil III Malang memfasilitasi pengkoordinasian Kota Blitar dan Kabupaten Blitar untuk melakukan kerjasama terkait penyediaan air bersih. Solusi dari permasalahan yang ada Bahwa dengan mempertimbangkan akan kecukupan kebutuhan air bagi warga Kota Blitar dan Kabupaten Blitar, karena bersifat lintas Kabupaten/Kota, dan berdasarkan lampiran Huruf C angka sub urusan air UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka pengelolaan dan pengembangan sumber air Tirtomoyo/Rambut Monte/Dandang akan dijadikan SPAM Regional atau ditangani Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

 

Penetapan regional diawali dengan pembentukan rencana induk SPAM berdasarkan kebutuhan air warga Kota Blitar dan warga Kabupaten Blitar yang memanfaatkan air baku dari sumber air Dandang/Rambut Monte/Tirtomoyo yang berada di Kabupaten Blitar berdasakan PP Nomor 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

 

Bagikan halaman ini : Facebook Twitter