Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Penanganan Tenaga Kerja se Wilker Bakorwil Malang

Bakorwil Malang pada tanggal 21 Februari 2019 telah melaksanakan Rapat Koordinasi, Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Penanganan Tenaga Kerja  se Wilayah Kerja Bakorwil Malang Tahun 2019. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui dampak yang timbul dengan adanya TKA, mencari solusi terbaik cara penanganan dan penegakan hukum atas dampak  yang timbul.

Dalam rapat kegiatan ini membahas tentang belum komprehensif dan kurangnya sinergitas antar anggota Tim Pora terkait dengan komitmen, update data, koordinasi dan penanganan tenaga kerja asing. Kurang aktifnya Tim Pora di lapangan dalam pengawasan dan pemantauan orang asing, karena selama ini tim hanya sebatas melaksanakan sosialisasi antar lembaga/instansi.

Ada beberapa poin hasil rapat kegiatan yakni perlunya penguatan Tim Pora dengan secara aktif melakukan pertemuan rutin dengan anggota tim Pora tingkat Kecamatan, Kabupaten serta Provinsi guna sharing informasi, update data tenaga kerja asing  dan koordinasi pengawasannya, Peningkatan kegiatan pengawasan dan pemantauan orang asing dimaksimalkan dengan memberdayakan peran serta masyarakat, dan adanya usulan Bakorwil masuk dalam Tim Pora di wilayah kerjanya untuk meningkatkan pengawasan orang asing, serta mengusulkan agar Kantor Imigrasi memberikan informasi secara berkala kepada pihak Kepolisian dan Dinas Tenaga Kerja tentang keberadaan tenaga kerja asing dengan tembusan ke Bakorwil.

Bagikan halaman ini : Facebook Twitter